Persaingan Di Dunia Teknologi Menggema


Persaingan adalah sesuatu hal yang membuat seseorang atau kelompok saling berlomba dengan seseorang atau kelompok lain dalam memperbaiki kualitas dan lain sebagainya dalam satu tujuan yang sama agar menjadi yang terbaik. Dalam dunia IT yang semakin maju dan diminati karena teknologinya dan tentu saja mendapatkan uang dengan jumlah yang sangat besar tentu membawa persaingan-persaingan yang ketat dalam bidangnya.misalnya saja antara Facebook dan twiiter,mereka berlomba-lomba menarik perhatian penggunanya agar lebih memilih salah satu dari mereka. 
Kejahatan Dunia Maya

 Kita (eh jika anda tidak termasuk bolehlah disebut "Kita") yang sangat tertarik dengan IT tentu ingin "bernasib" sama seperti Mark Zuckerberg atau Bill Gates yang sukses dan mendapatkan $$ (Dollar) yang sangat banyak =) Namun,saya sebagai pengamat (tukang browsing) sering melihat situs-situs jejaring sosial buatan anak negeri (indonesia) yang ingin menyamai suksesnya Facebook atau twitter,itu sangat bagus namun tahukah anda bahwa bersaing dengan mereka membutuhkan lebih dari sekedar skill melainkan harus ditambah wawasan,kreatifitas dan mampu melihat peluang juga mampu bersaing dengan master-masternya. Lalu maksud kamu apa?menghina jejaring sosial buatan negeri sendiri? ohh tidak,coba anda tengok (lihat) situs jejaring sosial buatan mereka,masih banyak kata-kata yang salah ketik,fitur yang setengah-setengah dan tentu TARGET mereka salah. Mengapa salah?karena situs jejaring sosial yang mereka buat sebagian besar ditujukan hanya untuk INDONESIA,sedangkan kita sama-sama tahu bagaimana reaksi masyarakat kita yang cenderung "gengsi" dalam memakai produk lokal sebelum produk tersebut terkenal di dunia. 

Programmer 

 Sebut saja AntiVirus Blue Atom (buatan Indonesia),ketika sudah terkenal di softpedia (situs penyedia software terbesar didunia),barulah di indonesia menjadi hot topik dan pembicaraan dimana-mana pada masanya,di indonesia menjadi terkenal dan disukai banyak orang itu bukan dari hasilnya yang dilihat,melainkan "citranya" dan "pengaruh media".Ya percaya atau tidak inilah faktanya. Menjadi "plagiat-plagiat" sepertinya tidak cocok dalam persiangan dunia IT ini,karena dalam dunia IT,menjadi sama hebat dan terkenalnya kita dengan mereka yang sudah ada tidak berarti haruslah SAMA 100%.Kita harus membuat apa yang kita kerjakan atau lakukan lebih dari apa yang telah ada sebelumnya.misalnya dalam animasi,kita tidak harus membuat animasi yang 100% menyerupai karakter upin-ipin dengan memplesetkannya dengan nama udin dan idin.

Sesuatu yang sama itu membosankan walaupun dibumbui dengan sedikit perbedaan,cobalah lihat orang-orang jepang,disaat animasi Transformer dibuat,apakah mereka mengikutinya dengan membuat animasi yang sama?tidak..apakah saat facebook tenar maka orang jepang ikut-ikutan membuat jejaring sosial? Dalam dunia IT yang luas ini,banyak yang bisa kita pilih,sebut saja programmer,animator,web development,Game maker,membuat layanan hosting dan sebagainya,Jika saingan yang ingin kita saingi sudah terlalu "Kuat" untuk kita tandingi,janganlah mencoba menyainginya,buatlah sesuatu yang baru dan berbeda dari yang sudah ada,hentikan kebiasaan plagiat dengan tujuan ingin cepat dihargai dan terkenal,walaupun "bisa" tapi sadarlah itu tidak akan berlangsung lama.. 

Sesuatu yang baru dan fresh (apalagi didunia IT yang sangat cepat berkembang dan banyak diminati) lebih cepat diterima masyarakat dan menghasilkan masa depan yang cerah.Sebagai contoh lihatlah tokobagus,kaskus dan sebagainya yang terbilang ide baru pada awal masa terkenalnya Catatan: tulian ini hanyalah pendapat,semoga menjadi masukkan untuk anda.

*Artikel ini dibuat oleh Kukuh N,segala macam bentuk pengcopyan atau menyalin sebagian atau seluruh halaman ini dapat dikenakan sanksi dan melanggar Hak Cipta Kukuh N sebagai Blogger.* 




0 comments:

Post a Comment

Persaingan Di Dunia Teknologi Menggema